Sabtu, 21 Mei 2016

Pengertian Cara Kerja Fungsi Wifi




Ciwer.id-Assalamualikum sobat.. semoga sehat semua kali ini kita mmembahas tentang Pengertian Cara Kerja Fungsi Wifi,,Mendengar kata wifi kita sudah tidak asing,karena wifi dapat kita temukan di mana saja,, kusunya di perkotaan sangat bnayak sekali wifi yang tersedia,, untuk di gunakan.tapi pasti kita masih banya yang tidak mengerti apa itu wifi,kebanyakan kita hanya mengerti wifi untuk mengoneksikan mobile,atau desktop kita ke internet,ya memang benar ,itu lah wifi.. tapi untuk lebih jelasya pengertian wifi itu apa,bisa lnjut ke bawah..

Sejarah Wi-Fi berasal dari istilah puluhan tahun Hi-Fi yang terdiri dari  jenis output yang dihasilkan oleh kualitas Sound System. Teknologi WiFi – Wireless Fidelity berspesifikasi standar  IEEE 802.11 termasuk 802.11a, 802.11b dan 802.11g. WiFi adalah hanya istilah produk teknologi yang di promosikan oleh WiFi Alliance.Sejarah Wifi itu sendiri bermula pada tahun 1985 atas kerja keras insinyur Amerika dengan penggunan Teknologi penyebaran spektrum radio  yang digunakan dalam Wi-Fi. Wirless LAN  atau Wifi dibuat dan tersedia untuk umum di Amerika Serikat dalam tahun 1985, tanpa lisensi dari Komisi Komunikasi Federal (FCC). Namun, usulan awal untuk menggunakan Wireless LAN dengan teknologi radio untuk publik ini dikemukakan oleh Michael Marcus di tahun 1980, meskipun harus menunggu selama 5 tahun barulah dibuat dan tersedia di negara-negara lain.Teknologi Wireless LAN – Wi-Fi adalah dibuat dan dikembangkan para engineer AS yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Piranti Wi-Fi sebenarnya bukan hanya bisa  bekerja pada jaringan Wireless LAN, namun  juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).Sejarah Wifi mencatat, Organisasi Riset Ilmiah dan Industri negara-negara Persemakmuran atau  Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) sebuah badan penelitian di Australia mengajukan hak paten dari teknologi jaringan 802.11, yang digunakan WiFi pada tahun 1996.

        Wifi merupakan singkatan Wireless Fidelity ,yang merupakan sebuah media penghantar komunikasi data Tanpa kabel nirkabel yang bisa di gunakan untuk komunikasi,transfer data file,program dengan akses sangat yang sangat cepat,Kenapa bisa cepat? Itu di karenakan teknologi Wifi memiliki penghantar yang menggunakan sinyal radio yang bekerja dengan frekuensi tertentu.

        Di kalangan masyarakat luas mungkin wifi banyak di kenal hanya sebagai media koneksi internet saja,namun sebenarnya wifi dapat di fungsikan sebagai jaringan tanpa kabel(nirkabel)seperti di perusahaan-perusahaan besar dan di warnet. Jaringan nirkabel tersebut dapat di istilahkan dengan LAN (Local Area Network).sehingga komputer 1 dengan yang lainya bisa saling berkomunikasi dengan letak yang berbeda.

        Sedangkan untuk penggunaan internet, wifi memerlukan sebuah titik akses yang biasa disebut dengan hotspot untuk menghubungkan dan mengontrol  antara pengguna wifi dengan jaringan internet pusat. Sebuah hotspot pada umumnya dilengkapi dengan password yang bisa meminimalisasi siapa saja yang bisa menggunakan fasilitas tersebut. Ini sering digunakan oleh pengguna rumahan, restoran, swalayan, café dan hotel. Namun ada juga hotspot yang tidak diberi password, sehingga siapa saja boleh menggunakan fasilitas tersebut.

Cara Kerja Wifi ,Wifi bekerja dengan menggunakan Gelombang radio dengan menggunakan Wireless LAN dari komputer, router nirkabel memainkan peran penting pada sistem Cara kerja WiFi.Adaptor ini menerima data dari komputer dalam bentuk digital. Setelah Data di  konversi  kedalam bentuk gelombang radio maka dikirim ke router melalui antena. Sinyal decode Router mengirimkannya ke Internet. Proses ini dikembalikan ketika informasi yang dikirimkan dari internet ke komputer.Perbedaan antara gelombang radio yang dikirim oleh Wireless LAN WiFi dan yang  dikirim oleh walkie-talkie dan ponsel adalah WiFi menggunakan gelombang frekuensi tinggi dari 2,4 GHz atau 5 GHz.  Teknologi WiFi adalah beroperasi pada platform standar jaringan IEEE 802,1. Diimplementasikan oleh Komite Standar IEEE Wireless LAN,  MAN, standar jaringan 802,11 memiliki bentuk yang berbeda seperti 802.11a, 802.11b 802.11g dan 802.11n,IEEE 802.11ac.

Spesifikasi Wi–Fi
  1. IEEE 802.11b
  2. IEEE 802.11g
  3. IEEE 802.11a
  4. IEEE 802.11n
  5. IEEE 802.11ac
        Jika pada daftar spesifikasi perangkat wireless tertera kode IEEE 802.11ac, maka sedang dihadapkan perangkat wireless wifi dengan generasi terbaru. Sedangkan untuk kode IEEE 802.11 b/g itu berarti teknologi wifi yang digunakan pada perangkat wireless adalah yang pertama dan kedua. Meski menjadi yang terlama, namun masih saja banyak yang menggunakan perangkat wireless dengan kode tersebut. Nah yang menduduki urutan ketiga dan keempat adalah IEEE 802.11a dan IEEE 802.11n.

Sekian Sobat Pembahasan tentang wifi,semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat pembaca,thank's uda mamfir,,, mampir juga ke sini Hack Pass Wifi.

  Like Dan Share Ya mas,..
Assalamualaikum,,,

Load comments