Senin, 23 Mei 2016

3 Manfaat Jaringan Computer, yang kita gunakan sehari-hari



3 Manfaat Jaringan Computer-Hai sobat ciwer.id apa kabar, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang jaringan computer, siapa yang tidak kenal dengan jaringan kompter ini, sudah pasti kia mengenalnya, nah di kesemptan in saya kan mengulas "3 Manfaat Jaringan Computer" tersebut tapi sebelum lanjut, ke topik utama saya akan membahas sedikit tentang jaringan computer ini.

Berbagi teknologi telah banyak di kembangkan oleh manusia dalam bidang jaringan komputer,pada era tahun 1980an, teknologi jaringan komputer masih mengandalkan teknologi jaringan brbasis kabel di rasakan sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan yang ada dan mulai di tinggalkan.

kembali ke jaringan coputer itu sendiri, sebenernya apa sih jaringan computer itu?

Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer serta perangkat-perangkat lainya yang saling terhubung.

Media penghubung tersebut dapat berupa kabel atau nirkabel (tanpa kabel),sehinga para pengguna jaringan komputer dapa saling berkomunikasi untuk bertukar informasi,seperti file program,dokument ,dan data.

Jenis jaringan komputer komputer dapat di bedakan berdasarkan ruang lingkup jaringan,Topologi,berdasarkan fungsi dan berdasarkan media penghantar jaringan komputer tersbut.

Baca juga Jenis-jenis Jaringan Komputer.

nah setelah kita mengetahui apa itu jaringan computer kemudian kita akan membahas apa manfaat yang di dapat dari jaringan computer tersebut.

Manfaat jaringan Computer.
Berikut ini adalah manfaat jaringan computer yang kita gunakan sehari-hari.

Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.

Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

Mempermudah Sharing Data
Nah, bayangkan apabila proses pengiriman data tersebut harus melalui media penyimpanan data eksternal seperti USB flashdisk, hard disk eksternal, CD atau DVD, SD card, dan lain sebagainya.

Hal tersebut jelas tidak praktis dan membuang waktu cukup banyak. Selain itu, proses pengiriman data tersebut bisa jadi justru mengganggu dan menghambat produktivitas kerja.

Keberadaan sistem jaringan komputer bisa mempermudah proses pengiriman data dari komputer satu ke komputer lain, karena sharing data sangat dimungkinkan.

Dengan adanya jaringan LAN (Local Area Network), komputer yang bertindak sebagai server akan tersambung ke beberapa komputer yang bertindak sebagai client. Meskipun demikian, komputer yang berstatus client juga bisa saling terkoneksi.

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja.

Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.

Nah itulah ulasan dari manfaat jaringan computer yang kita gunakakn saat ini, semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih.

Load comments