Selasa, 24 Mei 2016

Penjelasan Komponen-Komponen Komputer



    Assalamualaikum Sobat, Komponen komponen komputer merupakan bagian yang ada di dalam komputer itu sendiri. Ketika sobat menggunakan komputer jenis desktop atau laptop, mungkin sobat belum mengenal dengan baik komponen-komponen yang ada di dalam serta diluar dan bagaimana semua itu bekerja.Pada post kali ini sob,,kita akan membahasnya satu-persatu,, dan lasung kita mulai dari Komponen:


1. Matherboard.

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.


2. Processor.

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang processor ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  2. Control Unit (CU)
  3. Memory Unit (MU) 

3. RAM.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.



4. VGA CARD.
Video Graphics Accelerator adalah sebuah hardware dengan kemampuan dapat melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual untuk ditampilkan di monitor. Jadi tugas device ini untuk menampilkan gambar / visual ke monitor. Jika sobat mau membuat komputer rakitan untuk games, desainer atau multimedia hardware satu ini wajib anda miliki, karena hardware ini sangat mendukung pada tampilan monitor.

5. SOUND CARD.
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Soundcard atau yang lebih kita kenal dengan kartu suara adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.

6. LAN CARD.
LAN card mempunyai fungsi sebagai sebuah penghubung antara satu komputer dengan komputer lainnya di dalam sebuah jaringan.


7. HARDISK. 
Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.


8. OPTICAL DRIVE.
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.






9. MONITOR.
 
Monitor mempunyai sebutan sebagai screen atau bisa juga dibilang display karena fungsinya menampilkan hasil kerja komputer. Secara umum, fungsi dari monitor adalah menampilkan video atau informasi grafis yang dihasilkan oleh komputer. Untuk menampilkan video tersebut, maka monitor menggunakan kartu grafis atau VGA card.



10. KEYBOARD & MOUSE. 

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu,sedangkan Mouse merupakan sebuah perangkat kecil yang berfungsi sebagai penunjuk dan pemilih pada komputer anda. Mouse digunakan untuk mengarahkan kursor sehingga anda dapat melakukan pilihan dan klik terhadap program-program komputer.





11. POWER SUPPLY.
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.




Sekian post dari saya semoga ini bermanfaat untuk sobat pembaca,,
assalamualaikum...

Load comments