Jumat, 24 Juni 2016

Fungsi Dan Peran RAM Computer

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.


RAM Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.

Pada era 90-an, penggunaan RAM hanya terbatas pada penggunaan PC atau personal computer saja, dan juga pada laptop.

Namun demikian, sekarang hampir semua perangkat teknologi terkini menggunakan RAM sebagai salah satu media penyimpanan memory sementara, yang membantu mempermudah dan juga memeprcepat pemrosesan informasi pada sistem komputer.

RAM komputer sendiri, saat ini sudah berada pada generasi DDR 3 untuk penggunaan pada PC ataupun laptop, dengan kapasitas yang bervariasi, mulai dari 1 GB hingga lebih dari 128 GB.

dan berikut ini adalah 5 Fungsi Ram

1. Membantu Menyimpan Memory Sementara
Fungsi RAM yang paling utama adalah untuk membantu menyimpan memory sementara. RAM yang dalam bahasa Indonesia juga sering dikenal dengan istilah penyimpanan memori acak, akan menyimpan sementara memory dari suatu aplikasi ataupun progam.

Progam yang berjalan ini nantinya akan memberikan informasi yang akan disimpan dalam RAM, yang kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses. Fungsi CPU ini akan memproses informasi dari suatu aplikasi yang disimpan di dalam RAM.

2. Membantu Penggunaan Multitasking Dalam Komputer
Fungsi RAM berikutnya adalah membantu untuk mendukung penggunaan multitasking dalam satu komputer. Multitasking merupakan suatu keadaan diamana komputer bisa mengerjakan atau membuka lebih dari 2 aplikasi dalam sekali jalan.

RAM merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam proses multitasking ini. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin lancar suatu komputer memproses penggunaan multitasking, sehingga dengan kapasitas yang mendukung komputer sering hang tidak akan terjadi.

3. Mempercepat Kinerja Pemrosesan Informasi dari Komputer
Sudah merupakan rahasia umum apabila semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat pula pemrosesan informasi yang dilakukan oleh CPU. Itu berarti kecepatan dari suatu sistem komputer sangat ditentukan oleh besaran kapasitas RAM yang ada.

Karena dengan RAM yang memiliki kapasitas besar, maka proses penyimpanan dan juga penerusan memory dari RAM menuju CPU tidak akan terhambat. Hal ini juga merupakan cara agar laptop tidak lemot karena terlalu berat bekerja. Begitu pula kebalikannya, komputer dengan kapasitas RAM yang lebih kecil akan menjadi lebih terbatas penggunaan aplikasinya, karena kemampuan dari memory nya yang terbatas pula.

4. Menentukan Spesifikasi dari Suatu Komputer
Fungsi RAM yang lainnya adalah sebagai salah satu patokan dari spesifikasi dari komputer. Selain melihat kualitas dan juga generasi dari CPU, kapasitas RAM juga wajib untuk diperhatikan ketika akan membeli komputer.

Karena itu, RAM memiliki peranan yang penting dalam memutuskan apakah anda akan membeli komputer tersebut atau tidak. Sesuaikan pula kebutuhan anda dengan komputer yang akan anda beli. Ada baiknya anda membeli komputer degnan kapasitas RAM minimal 2 GB yang sudah cukup untuk pemakaian sehari – hari, dan juga penggunaan game dan juga design yang basic.

5. Memiliki Fungsi yang Vital, Untuk Gaming dan Design
Bagi anda yang senang dengan games dan juga aplikasi yang berbasi design dan juga 3D, maka RAM memiliki fungsi yang sangat penting dan juga sangat vital untuk komputer anda. Game dan juga aplikasi berbasis 3D dan design merupakan salah satu jenis aplikasi komputer yang membutuhkan kapasitas RAM yang sangat besar.

Bagi anda yang senang dengan game dan juga design, maka fungsi RAM akan sangat terasa dan sangat bermanfaat bagi anda. Hal ini pun mengukuhkan pernyataan bahwa semakina besar kapasitas RAM maka semakin besar pula suatu komputer dalam melakukan pemrosesan informasi.

Berikut Artikel ini semoga bermanfaat.

Load comments