Kebiasan buruk Menggunakan Komputer dan Laptop | 10 Fakktor ini dapat menyebabkan Hardisk Rusak

12:56:00 PM


Hardisk -hai sobat apa kabar, seperti di judul kita membahas hardisk, yang kita ketahui hardisk adalah media penyimpanan file di dalam komputer kita, ya itu betul sekali sob,

secara umum pengertian hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia.

hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.

Tapi kita sering di hantui bagaimana jika tiba-tiba hardisk kita berhenti beroperasi sebagaimana mestinya, tapi tidak usah difikirkan karena itu belom tentu terjadi jika kalian merawat hardisk dengan benar, untuk merawat dengan benar, sebaiknya kita ketahui apa saja penyebab hardisk kita rusak.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab hardisk rusak :

1. Over Heat.

Over heat atau panas berlebihan merupakasan salah satu penyebab hardisk rusak. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, jika harddisk merupakan perangkat yang mudah panas.

Dan biasanya, semakin lama pemaikaian maka akan semakin panas pula harddisk tersebut. ini adalah faktor kebiasan buruk yang suka makai komputernya tanpa aturan, tanpa menyadari resiko seperti Over Heat.

Solusi paling tepat istrihatkan komputer anda sejenak untuk mendinginkan perangkat komputer atau dengan menambahkan kipas pendingin khusus harddisk.

2. Suka Menjinjing Laptop kondisi Hibernate atau sleep.
Bagi pengguna laptop, sangat tidak disarankan untuk membawa atau menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby karena dapat merusak harddisk.

Posisi tersebut sebenarnya masih dalam keadaan aktif, jika terjadi gerakan atau goncangan maka akan mengganggu signal digital harddisk,

Hal ini terjadi karena user, tidak ingin bolak balik menghidupkan ketika ingin menggunkanya lagi. Saran, sebaiknya matikan laptop, jika ingin menutup atau menjinjingnya di dalam tas.

3. Mematikan Secara Paksa Bahasa penulis sih Booting panas.

   Mematikan secara paksa dan tidak sesuai prosedur juga dapat mengancam sekaligus mengurangi umur harddisk, hal ini akan mennyebabkan goresan pada disk hardisk.

Misalnya dengan menekan tombol power atau menggunakan aplikasi fast shutdown yang pada dasarnya tidak sesuai standart.

Saran Sebaiknya matikan komputer atau laptop dengan menggunakan setndart yang ada.

4. Benturan.

   Benturan juga bisa juga memicu kerusakan pada harddisk. Benturan yang dimaksud bisa berupa gesekan keras dengan benda lain, guncangan atau bisa juga diakibatkan karena terjatuh.

Dengan demikian, Anda harus lebih berhati-hati melakukan sesuatu yang berhubungan dengan harddisk, entah itu memindahkan komputer, memindahkan harddisk, ataupun memasang harddisk ke komputer.

Begitu juga ketika membawa laptop dalam tas, karena bisa saja menyebabkan terjadi benturan yang tidak disadari.

5. Sering Melakukan Instalasi.
Melakukan install ulang secara terus menerus ternyata dapat merusak hardisk pada komputer atau laptop.

Instal ulang dilakukan jika tidak ada solusi lain dalam mengatasi eror pada laptop atau komputer.

Hal tersebut akan berpengaruh langsung pada hardisk, awalnya hardisk akan mengalami bad sector yang nantinya akan berujung pada kerusakan permanen pada hardisk.

Saran, jangan terlalu sering menginstall ulang Laptop atau komputer, Hati hati dalam menginstall file program atau menyimpan file, siapa tau program itu adalh virus yang dapat merusak hardisk.

6. Tidak Merawat media penyimpanan.
    Harddisk yang tidak di rawat, dimana tidak dibuang file sampah, file tidak terusun rapi sehingga file saling menimpa,

serta head hardisk membaca secara acak karena susunan file tidak tertata rapi, juga dapat mengakibatkan bad sector pada harddisk.

7. Tidak Pernah Melakukan Defrag.
    Penyebab rusaknya hardisk pada laptop atau komputer berikutnya adalah tidak pernah melakukan defrag hardisk dalam jangka waktu yang lama.

Tujuan dari melakukan defrag ini adalah untuk melakukan perawatan pada hardisk.

Namun, hal tersebut justru dapat menjadi boomerang jika Anda melakukan terlalu sering dalam melakukan defrag dalam kurun waktu yang terlalu singkat.

Tetapi Anda harus melakukan defrag pada komputer atau laptop Anda. Alangkah baiknya jika Anda melakukannya 2 sampai dengan 3 kali dalam sebulan.

8. Tegangan Listrik Atau Power Batrai yang tidak Normal.
    Tegangan listrik dapat memicu, kerusakan batari, Kondisi tegangan listrik yang tidak normal dapat mengakibatkan kerusakan harddisk,

bukan hanya listrik padam saja, melainkan stabilitas dari listrik juga sangat berpengaruh.

Saat listrik tidak stabil, sangat tidak disarankan untuk memaksa laptop dan komputer tetap beraktifitas, atau bisa dengan alternatif menggunakan UPS untuk menghindari gangguan listrik.

Jika listrik sudah padam, lepas kabel power atau adapter charge dari stecker kemudian pasang lagi, untuk netralisasi tegangan.

Btrai juga dapat menyebabkan kerusakan hardisk, mengapa demikian batari yang sudh tidak memiliki kondisi baik akan tiba-tiba kehilngan daya listriknya, yang kemudian membuat laptop mati tiba2, hal ini juga dapat merusak hardisk.

9. Terlalu sering Memutar musik dan video.
    Hal ini juga dapat memicu kerusakan hardisk, mengapa demikian, karena
Sering memutar musik dan video dari harddisk sehingga mengakibatkan head akan membaca track-track harddisk secara terus menerus.

Logikanya, jika suatu barang sering beraktifitas maka kualitasnya akan menurun Ketika harddisk aktif bekerja akan sangat berbahaya bila terjadi goncangan atau getaran dapat mengakibatkan hardisk bad sector atau rusak karena terjadi gesekan pada komponen platter dan track.

10. Usia Hardisk.
      Yang terakhir adalah usia hardisk, mengapa demikian Cukup wajar memang jika faktor usia yang menjadi penyebab rusaknya hardisk pada laptop atau komputer.

Namun walaupun demikian, Anda tetap perlu melakukan perawatan terhadap hardisk agar tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan komputer atau laptop mengalami hang atau lemot.

Harddisk Rusak masih menjadi problem klasik dan berkepanjangan. Anehnya, sering kali user menyalahkan vendor yang tidak pecus dalam memproduksi suatu barang.

padahal jika dilihat dari faktor kerusakan hardisk, banyak dari user itu sendiri. jadi sebaiknya kita rawat hardisk kita agar memiliki umur pakai yang panjang.

Nah itu lah sedikit tulisan dari saya semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
Kang Obboy
AUTHOR
September 15, 2016 at 5:37 PM delete

pantesan laptop saya sering rusak dan error ternyata salah dalam merawat
artikel yang bermanfaat sobat
terimakasih

Reply
avatar
Heri Priady
AUTHOR
September 21, 2016 at 6:01 AM delete

alhamdulillah,, jika artikel ini bermanfaat... sama-sama gan,,semoga laptopnya ndak error lagi,, :-bd

Reply
avatar
October 1, 2016 at 4:26 PM delete

wah baru tau kalo dibawa2 pas mode sleep bisa ngerusak :|

Reply
avatar
Heri Priady
AUTHOR
October 1, 2016 at 11:47 PM delete

Sinka Juliana #saya sendiri belom pernah untuk memperbaiki hardisk,, hanya korban hardisk saya rusak,,akibat kurangnya dalam perawatan.

Reply
avatar
Heri Priady
AUTHOR
October 1, 2016 at 11:57 PM delete

Mohamad agustiar . iya gan,, biar aman mending shut down aja :-)

Reply
avatar
no la
AUTHOR
October 13, 2016 at 10:49 AM delete

aku sih benturan susah banget dihindari.. ada aja laptop kesenggol.. huks..

Reply
avatar