WOWWW!! 13 Jenis Virus komputer ini Mungkin bersarang di komputer kalian.

3:17:00 PM


Assalamualaikum,, hai sobat apa kabar, semoga yang lagi view blog ane pada sehat semua dan rejekinya lancar ya,,heheh,,nah pada post kali ini saya membahas tentang VIRUS KOMPUTER.

Apa itu virus Komputer?

           Virus komputer- merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup.

Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Seperti apa awal mula Virus Komputer?

Virus Komputer-Tahun 1949, John Von Neuman, menggungkapkan ”teori self altering automata” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.

1960, lab BELL (AT&T), para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh john v neuman, mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk \ suatu jenis permainan / game.

Para ahli tersebut membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan.

Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, maka akan dianggap sebagai pemenangnya.

Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit ditiap-tiap lab komputer. Semakin lama mereka pun sadar dan mulai mewaspadai permainan ini dikarenakan program yang diciptakan makin lama makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat.

Tahun 1980, program tersebut yang akhirnya dikenal dengan nama “virus” ini berhasil menyebar diluar lingkungan laboratorium dan mulai beredar di dunia cyber.

Pada tahun 1988 virus komputer pertama kali masuk ke indonesia, virus tersebut bernama brain atau sering disebut juga dengan virus pakistan.

Kemudian mahasiswa dalam negeri pun ikut mengembangkan berbagai macam virus komputer yang salah satunya bernama virus Denzuko dengan penyebarannya melebihi virus ohio ciptaan Fred Cohen.

apa saja macam-macam virus komputer?

Secara umum Virus komputer dibagi menjadi 13 macam :

1. Worm.
     Worm adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Oleh karena itu, Worm tidak digolongkan ke dalam virus.

Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan.

Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid.

2. Trojan.
     Trojan horse disebut juga kuda troya. Trojan Horse tidak menyebar seperti yang lain. Karena itu, Trojan Horse tidak tergolong virus walaupun karakteristiknya sama.

Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format hardisk.

3. Virus compiler.
    Virus compiler adalah virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang.

Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya.

Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.

4. Virus File.
     Virus file adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung.

Biasanya file *.EXE atau *.COM. Tapi bisa juga menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN, *.OVL dan *.OVY.

Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.

5. Virus Sistem.
    Virus sistem atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer.

Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita.

Saat akan menggunakan komputer(restart), maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan.

6. Virus Script/Batch.
    Virus Script/Batch awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.

Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.

7. Virus Boot Sector.
Virus Boot Sector  virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.

Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus.

Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.

8. Virus Dropper.
Virus Dropper suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan.

setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar.

Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan.

Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus.

9. Virus Macro.
     Virus Macro virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya.

Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.

10. Virus Polymorphic Virus Polymorp dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus.

11. Virus Stealth.
      Virus Stealth Virus Stealth menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya.

Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini.

Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file.

12. Virus Companion.
      Virus Companion Virus Companion merupakan virus jenis yang mempunyai target penyerangan pada file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE.

13. Virus Hybrid.
      Virus Hybrid merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file.

Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.

Lalu Bagaimana cara kerja virus komputer?
     Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Cara kerja virus komputer memiliki persamaan dengan virus yang ada pada istilah kedokteran. Dalam demonstrasinya Fred Cohen membuat program yang dinamakan virus komputer yang dapat menyebar dengan cepat pada sejumlah komputer, hingga akhirnya pembuatan virus berkembang cepat.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Bagaiaman cara mengatasi Virus Komputer?

      Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus, Sangat banyak antivirus yang tersedia sperti ESET NOD32, AVAST, AVIRA, dll...

Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer.

Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Penulis sendiri menggunkan Antivirus ESET NOD32.
waspadailah virus-virus yang tertulis diatas, mungkin saja virus tersebut bersarang di hardisk sobat dan berkembang, selamatkan data-data berharga dengan cara menaganinya dengan tepat.

Semoga tulisan ini bermanfaat, untuk orang banyak. terimkasih share and coment thank's

Assalamualaikum...
Sources wikipedia

tag :
pengertian virus komputer
cara kerja virus komputer
macam-macam virus komputer
virus kompuer

Artikel Terkait

Previous
Next Post »