Senin, 30 Mei 2016

Distro Linux Os Open Sources

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.
Distribusi Linux atau lebih dikenal sebagai "Distro Linux" adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya yang menggunakan kernel Linux. Distro Linux bisa berupa "Perangkat Lunak Bebas" maupun "Perangkat Lunak Komersial". Hingga saat ini terdapat ratusan Distro Linux yang ada di dunia. Beberapa bertahan menjadi Distro Linux yang besar bahkan sampai menghasilkan Distro Turunan. Contohnya Debian menurunkan Ubuntu, Lubuntu, Xubuntu, Linux Mint. Fedora menurunkan RHEL, CentOS, OpenSUSE, Slackware.

1. DEBIAN
Debian merupakan Distribusi Linux terbesar di dunia. Debian dikembangkan oleh Ian Murdock. Debian merupakan Distribusi Linux terbesar di dunia. Debian dikembangkan oleh Ian Murdock. Kata "Debian" berasal dari gabungan nama mantan kekasih Ian, Debra Lynn dan namanya sendiri. Debian versi stabil memuat lebih dari 29000 paket aplikasi.
Turnan Debian:
-Ubuntu
-Linux Mint
-Backtrack
-Kali Linux

 

2. RHEL (Red Hat Enterprise Linux)
RHEL (Red Hat Enterprise Linux) merupakan Distribusi Linux yang dikembangkan oleh Red Hat Inc. RHEL (Red Hat Enterprise Linux) merupakan Distribusi Linux yang dikembangkan oleh Red Hat Inc. Salah satu distribusi turunan RHEL adalah Fedora dan CentOS. RHEL terkenal karena distro turunannya yang ringan bahkan mungkin lebih ringan daripada Debian. Turunan RHEL, CentOS banyak digunakan sebagai operasi sistem server sebuah website.
Turunan RHEL:

  • Fedora
  • CentOs
3. OpenSUSE
OpenSUSE adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan secara independen dengan dukungan komunitas "OpenSUSE Project".OpenSUSE adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan secara independen dengan dukungan komunitas "OpenSUSE Project".





4. SLACKWARE
Slackware adalah Distribusi Linux tertua yang sampai sekarang masih berkembang. Slackware adalah Distribusi Linux tertua yang sampai sekarang masih berkembang. Slackware memiliki tujuan utama, yaitu stabilitas dan kemudahan, serta menjadi distribusi Linux yang mirip dengan Unix.



Sekian itu yang post dari saya jika ada,,yang salah mohon saran dan kritik nya,,karena pngalaman saya hanya mencoba Linux OS Debian  Yaitu Ubuntu dan Kali linux dan Backtrack.dan sampai sekarang saya masih menggunakan ke 3 os tersebut,, :-D ,,


Load comments